-->
Macam Jenis Usaha menguntungkan yang harus kamu ketahui

Macam Jenis Usaha menguntungkan yang harus kamu ketahui

Macam Jenis Usaha menguntungkan yang harus kamu ketahui

Macam Jenis Usaha menguntungkan yang harus kamu ketahui

JENIS-JENIS USAHA
Dalam Dunia Bisnis Jenis Usaha terbagi dalam berbagai bidang yang berbeda yang beberapa bisa saling berhubungan, Berikut berbagai jenis usaha yang dapat dijalankan oleh Sebuah perusahaan. Jenis-jenis usaha itu antara lain :
1. Kegiatan di bidang agraris
Kegiatan usaha dibidang agraris, yaitu berupa usaha yang di lakukan dalam sektor pertanian maupun perkebunan.
2. Kegiatan di bidang ekstraktif
Kegiatan usaha dibidang ekstraktif, yaitu berupa usaha-usaha yang dilakukandi sector pemungutan hasil hutan, penggalian dan penambangan hasil bumi.
3. Kegiatan di bidang industry
Kegiatan usaha di bidang industry, misalnya berupa usaha-usaha yang dilakukan di sector produksi /manufaktur seperti pabrik tekstil, pabrik motor, pabrik mobil, pabrik makanan, dan pabrik obat dan sebagainya.
4. Kegiatan dibidang perdagangan
Kegiatan usaha di bidang perdagangan, yaitu kegiatan usaha seperti agen, makelar, distributor, toko dan sebagainya.
5. Kegiatan di bidang jasa
Kegiatan usaha di bidang jasa, misalnya usaha-usaha yang berupa usaha perhotelan, restoran, perjalanan, hiburan, konsultan dan lain-lain.
Mengenai jenis usaha dapat pula dikelompokkan seperti berikut ini :
1. Bidang Perdagangan (commerce)
Jenis kegiatan usaha di bidang perdagangan adalah kegiatan usaha berupa penjualan dan pembelian, yang dilakukan oleh orang-orang dan/atau badan-badan, baik untuk pasar dalam negeri maupun pasar luar negri seperti Produsen, Dealer, Agen, Grosir, Importir, Eksportir, toko dan sebagainya.
2. Bidang Industri (Industry)
Kegiatan usaha dibidang industry adalah suatu kegiatan untuk memproduksi atau menghasilkan barang-barang yang nilainya lebih berguna dari asalnya semula. Barang industry dapat dibedakan menjadi :
a. Industri genetic/asli.
Bidang usaha industry genetic atau asli adalah usaha berupa pertanian, perkebunan, perhutanan, dan lain-lain.
b. Industri ekstraktif 
Bidang usaha industry ekstaktif meliputi kegiatan usaha berupa penggalian batu, penambangan pasir, penambangan emas, penambangan minyak dan gas bumi, dan lain-lain.
c. Industri konstruksi
Usaha industry dibidang konstruksi meliputi kegiatan usaha pembuatan jalan, jembatan, perumahan, gedung perkantoran, perpipaan dan lain-lain.
d. Industri pabrik/manufaktur
Usaha dibidang industri pabrik/manufaktur adalah kegiatan berupa produksi barang seperti yang dilakukanoleh pabrik makanan, pabrik minuman, pabrik tekstil, pabrik pakaian, pabrik bahan kimia, pabrik motor, pabrik mobil dan sebagainya.
Usaha dibidang industry manufaktur, dapat dibagi lagi menjadi yang lebih spesifik, yaitu :
1) Industri analitik yaitu industry yang memproses satu bahan baku menjadi beberapa barang jadi. Misalnya dari tebu menjadi gula, alcohol dan melase.
2) Industri sintetik adalah industri yang memproses dua atau lebih bahan menjadi suatu barang yang sifatnya sintesis seperti pabrik plastic, pabrik bahan kimia.
3. Bidang Jasa
Usaha di bidang jasa banyak sekali ragamnya, baik yang bersifat pelayanan umum, hiburan, konsultan dan berhubungan dengan usaha dibidang hiburan, perhotelan, pariwisata, transportasi, persewaan peralatan/perlengkapan, konsultan hokum, konsultan manajemen, konsultan pajak, akuntan publik dan sebagainya.
This Is The Oldest Page
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser